Menuju 2032
Rencana Strategis 2022-2025
Visi
“Menjadi fakultas bermutu dengan layanan prima, menghasilkan insan cerdas komprehensif sebagai pendidik profesional, adaptif dan berkarakter mulia sesuai karakteristik wilayah pesisir, kepulauan, dan perdesaan”.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan pada bidang keguruan berbasis riset dan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sehingga lulusannya mampu bersaing, dan beradaptasi sesuai karakteristik wilayah kepulauan.
2. Menyelenggarakan penelitian unggulan pada bidang sains, keguruan  dan pembelajaran yang berorientasi pada publikasi dan perolehan HaKI.
3. Menerapkan hasil-hasil penelitian pada bidang sains, keguruan, pembelajaran dan produk intelektual yang unggul bagi pengembangan pembelajaran.
4. Menyelenggarakan sistem tata kelola fakultas yang akuntabel, transparan, dan terpercaya dalam pelaksanaan tridharma serta tanggungjawab institusi dalam memberikan layanan prima pendidikan yang profesional.
5. Menyelengggarakan pengembangan potensi mahasiswa dibidang kerohanian dan karakter, penalaran, olahraga, seni budaya, dan kewirausahaan, dalam mendukung kecerdasan di bidang keguruan yang profesional untuk membangun manusia unggul di tingkat  nasional dan internasional.
6. Menyelenggarakan pemeliharaan lingkungan kampus FKIP yang aman, bersih, nyaman, dan berwawasan lingkungan untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.
Tujuan
1. Meningkatnya kualitas pendidikan keguruan berbasis riset dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan adaptasi global.
2. Berkembangnya penelitian unggulan bidang sains, keguruan dan pembelajaran yang berorientasi pada publikasi dan perolehan HaKI.
3. Tercapainya penerapan hasil-hasil penelitian bidang sains, keguruan, pembelajaran dan produk intelektual yang unggul bagi pengembangan pembelajaran.
4. Menguatnya sistem tata kelola fakultas yang transparan, akuntabel, dan kredibel sehingga mampu memberikan layanan prima pendidikan yang profesional.
5. Berkembangnya potensi mahasiswa di bidang kerohanian dan karakter, penalaran, olahraga, seni, budaya, dan kewirausahaan, yang mendukung kecerdasan komprehensif untuk membangun atmosfer akademik.
6. Terciptanya lingkungan fakultas yang bersih, indah, sejuk, aman, jujur, adil, gotong royong, adaptif, disiplin, kreatif, inovatif, toleran, dan amanah untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.